Wisata Madura

Madura adalah nama pulau yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Pulau Madura besarnya kurang lebih 5.168 km2 (lebih kecil daripada pulau Bali), dengan penduduk hampir 4 juta jiwa.

Madura merupakan sebuah pulau yang masih berada di wilayah provinsi Jawa Timur. Pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi darat melewati jembatan suramadu, laut maupun udara. Madura tidak cuma punya karapan sapi, tetapi di Madura ada juga tempat wisata yang menarik seperti berikut ini.
1. Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning lokasinya berada di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Dari kota Bangkalan di Madura menuju Pantai ini dibutuhkan waktu 45 menit sampai 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif warga Surabaya untuk liburan akhir pekan.
2. Pantai Rongkang 
Pantai Rongkang
Selain Pantai Siring Kemuning, di Madura tepatnya di Bangkalan juga ada Pantai Rongkang. Lokasinya berada di Desa Kwanyar, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura. Pantai ini dihiasi bebatuan dan pepohonan disekitarnya, jika melalui jembatan suramadu tidak terlalu jauh kurang lebih 10 km menuju Kwanyar.
3. Pantai Camplong
Pantai Camplong

Pantai Camplong terletak di Desa Dharma Camplong, Kecamatan Camplong, Sampang, Madura. Jaraknya kurang lebih 10 km dari pusat kota Sampang, aksesnya sangat mudah karena berada di pinggir jalan utama lintas kota pulau Madura Kabupaten Pamekasan Madura.

4. Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa
Pantai Nepa dan Hutan Kera Nepa
Pantai dan Hutan Nepa berada di Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura. Selain menikmati Pantai Nepa disini anda juga bisa menikmati kawasan hutan yang dihuni oleh sekumpulan kera-kera yang akan menyambut kedatangan anda. Ombak di Pantai Nepa ini cukup bersahabat untuk melakukan kegiatan wisata di pinggir pantai.
5. Pantai Lombang
Pantai Lombang
Pantai Lombang berada di Desa Lombang Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura. Pantai Lombang ini berpasir putih dan pantainya cukup luas, disekitar pantai ditumbuhi pohon cemara udang yang jarang ada di daerah lain Indonesia, hanya ada di China dan Indonesia. Letaknya yang berada di utara laut jawa memungkinkan untuk melihat matahari terbit.
6. Pantai Slopeng
Pantai Slopeng
Pantai Slopeng berada di Desa Sema’am, Kecamatan Dasuk, Sumenep, Madura. Pantai ini berada di bagian utara Pulau Madura dan berjarak 21 km dari kota Sumenep. Pantai ini berpasir putih dan ombaknya tidak terlalu besar sehingga tidak perlu khawatir untuk bermain di pinggir pantai.
7. Kepulauan Kangean
Kepulauan Kangean
Kepulauan Kangean adalah gugusan pulau yang berada di Pulau Madura, Jawa Timur dan masih termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Sumenep. Untuk menuju Kangean anda harus menggunakan kapal dari pelabuhan Kalianget Madura ke Pelabuhan Kangean. Ada puluhan pulau yang berada di Kangean untuk dikunjungi antara lain Pulau Kangean, Pulau Sapeken, Pulau Saebus dan masih banyak lagi Pulau yang indah lainnya di Kepulauan Kangean ini.
8. Pantai Sambilangan
Pantai Sambilangan
Tempat Wisata Pantai Sambilangan Madura. Para Penelusur tau ga dimana Pantai Sambilangan?, kami disini mau berbagi beberapa keindahan dari Pantai Sambilangan. Karena Pantai Sambilangan merupakan pantai yang sangat eksotis yang terletak sekitar 7 km di sebelah selatan dari kota Bangkalan, di desa Sambilangan , kecamatan Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Pantai Sambilangan terbilang merupakan pantai yang masih terpencil dan sangat alami. Walaupun begitu saat anda tiba di pantai ini anda tetap akan dikenakan tiket masuk kendaraan. Untuk kendaraan mobil akan dikenakan tarif sebesar Rp 3.000*) sedangkan motor sebesar Rp 2.000*).
9. Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning
Para Penelusur, Di Pulau Madura, ada dua jalur jalan raya dapat dilalui dari ujung barat sampai ujung timur Pulau Madura, yaitu jalur tengah dan jalur utara. Bila anda melewati jalur tengah akan melintas kota-kota Bangkalan, Sampang, Pamekasan lalu sampai ke Sumenep. Namun bila anda melalui jalur utara, akan disuguhi sejumlah pemandangan yang banrangkali tak ingin mata berkedip, karena sepanjang jalur itu membentang pantai-pantai indah.
10. Pantai Jumiang
Pantai Jumiang
Pantai Jumiang, terletak di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan berjarak sekitar 12 Km arah tenggara dari Kota Pamekasan, dengan kondisi jalan aspal yang bagus dan dapat ditempuh dengan sarana transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Pantai Jumiang, berbeda dengan beberapa pantai di Pamekasan lainnya, karena Terletak di dataran tinggi dan bertebing.
Pantai Jumiang sangat digemari oleh muda mudi yang ingin melewatkan waktu dengan sahabat dan kekasih mereka, juga sebagai ajang untuk berfoto ria. Karena lokasi pantai ini memiliki pemandangan yang indah denga pepohonan yang rindang dan suasana yang sejuk.
 11. Pantai Batu Kerbuy 
Pantai Batu Kerbuy
adalah wisata pantai yang sering dikunjungi para wisatawan disaat akhir pekan dan hari liburan. Pantai ini berada di Desa Batu Kerbuy Kecamatan Pasean, berjarak lebih kurang 45 km arah utara dari Kota pamekasan, Jawa Timur.Untuk mencapai kelokasi, sangat mudah dijangkau karena posisinya berdekatan dengan jalan raya pantura jurusan Sumenep – Kamal.
Dengan air pantainya yang biru dan bersih menarik Anda untuk melakukan berbagai kegiatan seperti, berenang, menyelam, memancing, dan sekedar berkeliling dengan menggunakan perahu motor yang terdapat dibibir pantai. Suasana alam yag terdapat akan membuat Anda mempesona dan merasakan kenyamanan yang tidak akan terlupakan.
12. Pantai Ponjuk Timur Talango
Pantai Ponjuk Timur Talango
Pantai Ponjuk Timur Talango merupakan salah satu pantai di Pulau Talango dan berada di ujung timur pulau. Ponjuk timur Poteran Talango itu bertempat di desa Kombang Poteran Talango. Asal mula dikatakan ponjuk karena diutara dan selatan itu ada makamnya yaitu yang selatan adalah makamnya Ibu Koneng yang ibu koneng tersebut keturunan dari ratu Sumenep dikatakan ibu koneng karena sekecamatan talango bahkan sesumenep paling cantiknya perempuan dan yang utara makam Roto Jimat karena mulai dari dulu beliau banyak jimatnya. Dipojuk timur poteran yang menjaga disana adalah gurita yang sangat besar bahkan saking besarnya kaki-kaki gurita tersebut satu kaki itu besarnya sama dengan pohon kelapa dan penjaga jimatnya adalah ular naga yang sampai sekarang ada di dalam gua.
13. Air Terjun Toroan 
Air Terjun Toroan
Air Terjun Toroan adalah salah satu air terjun yang ada di Madura, lokasi air terjun toroan ini berada di Desa Ketapang Daya, Kec. Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya jatuh langsung ke laut.
Air Terjun Toroan-Objek wisata alam berupa air terjun, tampaknya sudah bukan hal asing bagi anda, apalagi bagi wisatawan yang gemar traveling ke tempat-tempat wisata alam. Namun, ada pula beberapa lokasi air terjun yang cukup unik dan berbeda dari air terjun lainnya. Salah satunya adalah Air Terjun Toroan yang bisa anda temukan di kawasan Pulau Madura.
14. Air Terjun Kokop
Air Terjun Kokop
Potensi wisata alam Air Terjun Kokop terdapat di Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur ini, tak kalah menariknya dengan Air Terjun Toroan Sampang atau Air Terjun Bungliyas di Pamekasan.
Mencapai lokasi wisata alam ini, berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Bangkalan. Untuk menuju lokasi air terjun ini memang tidak semulus yang dibayangkan, pencinta wisata alam akan dihadapkan medan yang lumayan berbatu, namun ini akan menjadi tantangan bagi penggemar offroad.
15. Api Abadi (Tak Kunjung Padam)
Api Abadi
Api Abadi atau Api Tak Kunjung Padam adalah salah satu wisata di Kabupaten Pamekasan Madura, lokasinya berada di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan berjarak 4 km dari pusat kota. Seperti namanya, daya tarik tempat wisata ini adalah adanya api abadi atau api alam yang berasal dari dalam tanah, apabila digali maka akan muncul api tersebut.
16. Mercusuar di Sembilangan
Mercusuar di Sembilangan
Mercusuar Sembilangan ini berdiri th 1879, terletak di Desa Tanjung Piring Bangkalan Madura Indonesia. Dibangun pada pemerintahan Belanda Z.M William III. Mercusuar ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Bangkalan. Mercusuar ini berdiri di sebuah desa bernama Sembilangan di Kecamatan Socah, hanya sekitar 6 KM dari ibu kota kabupaten.
17. Bukit Geger 
Bukit Geger
Bukit Geger terletak kurang lebih 30 km arah tenggara kota Bangkalan, tepatnya berada di desa Geger, kecamatan Geger. Dari Kota Bangkalan lurus terus ke arah utara yaitu ke arah kecamatan Arosbaya, lalu ke timur kearah kecamatan geger. Disitulah bukit itu berada. Bukit tersebut mudah dijangkau karena letaknya tepat dipinggir jalan raya. Di Bukit Geger, Para Penelusur ga cuma wisata alam, tetapi juga berwisata purbakala.
18. Gua Blaban 
Gua Blaban
Gua blaban merupakan Gua hasil temuan warga Madura. Gua blaban ini berada di Dusun Rojing, Desa Blabar, Kecamatan Batumarmar, Pamekasan Madura Gua Blaban ini ditemukan oleh warga sekitar.
Gua itu ditemukan secara tidak sengaja saat Sati berencana membuat sumur di halaman rumahnya…Saat menggali sumur sedalam kira-kira 7 meter, warga yang membantu menggali sumur itu terkejut dengan adanya sebuah lubang yang kalo diintip (diinceng bhs jawa) kelihatan cahaya berkilau…Warga pun sempat ketakutan melihat fenomena ini…Penggalian pun sempat dihentikan…
19. Gunung Jaddih 
Gunung Jaddih
Meski terbilang wisata baru, Gunung Jaddih yang terletak di Bangkalan, Madura, Jawa Timur ini cukup populer di kawasan para trekking dan traveller yang ingin menikmati keindahan alam yang menyejukkan. Salah satu wisata di Madura ini terletak sekitar 10 kilometer dari pusat kota Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.
Wisata di Madura ini awalnya ditemukan warga empat desa di Kecamatan Socah yakni dari Desa Jaddih Timur, Parseh, Sanggra Agung dan Rabasan sekitar dua tahun lalu. Sejak saat itu, banyak para traveller yang datang kesana, khususnya saat Lebaran, ribuan orang memenuhi lokasi wisata Gunung Jaddih mulai dari anak-anak, muda-mudi sampai orang tua.
20. Jembatan Suramadu 
Jembatan Suramadu
Jembatan Nasional “Suramadu” (Surabaya Madura) adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan Suramadu terdiri dari 3 bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur.